AnekaNews.net


ANEKA TIPS INFORMASI DAN BERITA
Announcement
Random News
Selain enak dan segar serta biasa dipakai buat buah pencuci mulut, ternyata buah Melon sangat kaya a ... Read More »
Published: Thu, 09 Jul 2015 - 23:27:21
Category: Islam
By: Dyta
Hits: 2/964
Comments: 0/0
Mungkinkah Kita Bisa Bertemu Malam Lailatul Qodar Apa Tanda Tandanya

Mungkinkah Kita Bisa Bertemu Malam Lailatul Qodar Apa Tanda Tandanya - AnekaNews.net

AnekaNews.net - Mungkinkah Kita Bisa Bertemu Malam Lailatul Qodar Apa Tanda Tandanya

Ini adalah malam yang paling diburu oleh umat muslim. Banyak yang berharap bisa berjumpa dengan malam yang datang pada saat-saat tertentu saja di bulan Ramadan.

Keistimewaan malam Lailatul Qodar:

1.Lailatul Al-Qodar atau malam ketetapan adalah merupakan malam yang
sangat penting di dalam bulan Ramadhan.

2.Digambarkan di dalam kitab suci Al-Qur'an malam Lailatul Qodar ini
lebih baik dari seribu malam yang pernah ada

3.Malam terkabulnya doa jika pada saat malam Lailatul Qodar tersebut
kaum muslim melantunkan doa, lantunan doa tersebut akan terkabulkan.

Namun sayang tidak ada yang tahu dengan pasti kapan sebenarnya malam Lailatul Qodar itu datang. Tapi Nabi kita Muhammad, SAW dalam sejumlah riwayat memberikan tanda-tanda datangnya Lailatul Qadr. Berikut sejumlah tanda datangnya Lailatul Qadr:

Tanda-tanda datangnya malam lailatul qodar di bulan ramadhan:

1. Udara dan suasana pagi terasa sangat tenang
Sebagaimana dari Ibnu Abbas, Rosullulah SAW bersabda. Lailatul Qodar adalah malam yang sangat lembut, tidak begitu panas, tidak begitu dingin dan di pagi harinya pun matahari muncul bersinar sangat lemah kemerah-merahan (HR. Ath Thoyalisi)

2. Cahaya matahari tidak panas
Tanda malam Lailatul Qodar selanjutnya adalah matahari muncul ketika pagi hari tanpa bersinar cukup terang dan berbeda dengan hari-hari sebelumnya. seperti yang tercantum di dalam sabda Rasullulah SAW dimana matahari pada keesokan harinya setelah malam Lailatul Qodar akan menjulang sangat tinggi. namun matahari tersebut tidak akan bersinar mamanasi bumi, melainkan hanya mengeluarkan sinar lembut dan lemah.

3. Terkadang terbawa ke dalam mimpi
Tanda ketiga munculnya malam penuh berkah ini adalah terkadang terbawa ke alam mimpi. Memang sebenarnya hanya sebagian yang merasakan tanda ketiga ini. akan tetapi para sahabat Nabi Muhammad SAW hampir semuanya mendapatkan malam Lailatul Qodar melalui mimpi ketika mereka terlelap tidur.

4. Bulan nampak separuh bulatan
Saat Abu Hurairroh berdiskusi mengenai tanda datangnya malam Lailatul Qodar disamping Nabi Muhammad SAW. Kemudian sang Rasullulah SAW berkata bahwa tanda malam penuh keberkahan ini adalah bulan terlihat separuh nampan atau bulatan.

5. Udara dan angin terasa sangat tenang
Malam Lailatul Qodar di dalam Al-Qur'an digambarkan dengan malam yang penuh berkah dan ketenangan. Semua malam akan sangat berbeda ketika memasuki malam Lailatul Qodar ini. karena saat malam penuh berkah ini suasana tenang, udara terasa sangat sejuk, tidak panas, tidak dingin, tidak hujan dan tidak ada pelemparan bintang (meteor). Bahkan suansana di dalam sebuah anggota keluarga akan sangat terasa nyaman sekali, tidak sama dengan malam-malam sebelumnya di bulan Ramadhan.

6. Datang di hari yang ganjil
Dari HR Bukhari Muslim, Rasullulah pernah bersabda bahwa malam Lailatul Qodar akan jatuh pada hari ganjil dari sepuluh hari bulan Ramadhan yang terakhir. Ini berarti malam Lailatul Qodar akan jatuh satu minggiu terakhir di bulan Ramadhan.

Itulah tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qodar yang dapat kita jadikan panduan jika kita ingin bertemu dengan malam yang istimewa, malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Insya Allah jika Allah SWT berkenan, kita pasti bisa menjumpainya. Aamiin Ya Robbal alamiin...

#TandaMalamLailatulQadar
#MalamLailatulQodr #BulanRamadhan #UmatIslam


Sumber Referensi: Dari Berbagai Sumber
Title Tags Search:
See Also:
Comment: (0)
No Comment.
Add Comment:
Post comment is currently disabled.
Bookmark and Share